News Update :

Budidaya Cacing

Penulis : Admin on Senin, 03 Februari 2014 | 18.09



 Bismillah, ini adalah keterangan paling singkat tanpa bertele-tele sehingga memudahkan untuk bekerja atau memulai BUDIDAYA CACING (Lumbricus Rubellus).
dan Postingan kali ini saya dapatkan dari teman blogger tipspetani (.blogspot.com) semoga bermanfaat. sebelumnya saya ucapkan terimakasih.
Berikut adalah langkah-langkah Budidaya Cacing:
  1. Siapkan 1 buah kotak dari kayu ukuran 100 x 50 x 25 cm (asumsi bibit 1 kg);
  2. Siapkan media yg isinya : 60 % kotoran sapi, 10 % jerami, 10 % gabah kering, 20 % gedebok pisang yg di cacah halus. Aduk media tersebut jadi sampai tercampur sempurna. Masukkan ke dlm karung dan diamkan selama 1-2 minggu;
  3. Setelah 1-2 minggu, masukkan media ke dalam kotak, apabila bau kotoran sapi sudah tidak tajam, berarti media sudah jadi. Atau masukan 1 ekor cacing diatas media, bila cacing masuk ke tanah, berarti media sudah cocok.
  4. Masukan induk cacing (ciri: sudah keluar ceklitelium atau cegelang, usia 12 minggu),untuk ukuran kotak spt diatas bisa di beri 1 kg indukan.
  5. Selesai untuk indukan.

PERAWATAN/MAKAN :
Karena media mengandung makanan pula bagi cacing, cukup taburkan bekatul (gabah kering yg ditumbuk, biasa utk makanan kuda/ayam) 3 hari sekali sambil di semprot dgn sedikit air.
Apabila media agak memadat/kering, semprot air sedikit saja dgn sprayer sambil di aduk-aduk.
SETELAH BERTELUR
  1. Selang 1 bulan dari pemasukan induk, periksa sarang apakah sudah terdapat telur cacing (kokon), bila sudah ada, segera pindahkan induk cacing ke kotak baru dengan pembuatan media seperti diatas, dan diamkan selama 1 bulan. Setelah sebulan, bisa dipindahkan ke kotak ke-3 dan seterusnya;
  2. Biarkan kotak pertama dengan telur cacing sampai menetas dan dewasa (usia 3 bulan);
  3. Cacing bertelur 1 bulan sekali, bibit cacing akan siap jadi indukan setelah usia 12minggu;
  4. Indukan cacing awal bisa dibudidayakan sampai kotak ke 8. atau usia 11-12 bulan;
  5. Perbandingan bibit telur dan hasil menurut teori adl 1 : 10 / lebih. Namun biasanya 1kg induk cacing bisa menghasilkan 4 - 6 kali lipatnya.
selamat mencoba..
kalau kurang pengetahuannya bisa lihat artike sebelumnya Jual Cacing Lumbricus insya Allah lengkap.
Share this article :
 
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger