News Update :

Jual Cacing Lumbricus "Pedoman Teknis Budidaya (3)"

Penulis : Admin on Jumat, 17 Januari 2014 | 20.18

Pemeliharaan

setelah mempelajar pembibitan pada pedoman teknis budidaya (2) sekarang kita melangkah pada pemeliharaan. yakni bagaimana agar peliharaan kita dapat berkembang dengan sempurna. langsung saja kita mulai, diantaarnyanya adalah:



Cacing tanah diberi pakan sekali dalam sehari semalam sebanyak berat cacing tanah yang ditanam. Apabila yang ditanam 1 Kg, maka pakan yang harus diberikan juga harus 1 Kg. Secara umum pakan cacing tanah adalah berupa semua kotoran hewan, kecuali kotoran yang hanya dipakai sebagai media. Hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian pakan pada cacing tanah, antara lain :

·     pakan yang diberikan harus dijadikan bubuk atau bubur dengan cara diblender.

·     bubur pakan ditaburkan rata di atas media, tetapi tidak menutupi seluruh permukaan media, sekitar 2-3 dari peti wadah tidak ditaburi pakan.

·     pakan ditutup dengan plastik, karung , atau bahan lain yang tidak tembus cahaya.

·     pemberian pakan berikutnya, apabila masih tersisa pakan terdahulu, harus diaduk dan jumlah pakan yang diberikan dikurangi.

·     bubur pakan yang akan diberikan pada cacing tanah mempunyai perbandingan air 1:1.



2. Penggantian Media
Media yang sudah menjadi tanah/kascing atau yang telah banyak telur (kokon) harus diganti. Supaya cacing cepat berkembang, maka telur, anak dan induk dipisahkan dan ditumbuhkan pada media baru. Rata rata penggantian media dilakukan dalam jangka waktu 2 Minggu.



3. Proses Kelahiran
Bahan untuk media pembuatan sarang adalah: kotoran hewan, dedaunan/Buah-buahan, batang pisang, limbah rumah tangga, limbah pasar, kertas koran/kardus/kayu lapuk/bubur kayu. Bahan yang tersedia terlebih dahulu dipotong sepanjang 2,5 Cm. Berbagai bahan, kecuali kotoran ternak, diaduk dan ditambah air kemudian diaduk kembali. Bahan campuran dan kotaran ternak dijadikan satu dengan persentase perbandingan 70:30 ditambah air secukupnya supaya tetap basah.

semoga apa yang diberikan mulai dari Pedoman Teknis Budidaya (1), Pedoman Teknis Budidaya (2) dan Pedoman Teknis Budidaya (3) dapat bermanfaat.


Share this article :
 
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger